SIMANJUNTAK PARSURATAN TUAN NAGANI

Beranda » Uncategorized » Cerita Asal Mula Danau TOBA

Cerita Asal Mula Danau TOBA

Member of The Internet Defense League


Danau TobaSecara ilmiah, sebenarnya Danau Toba adalah sebuah danau yang terbentuk dari sebuah letusan supervolcano (gunung berapi super) yang terjadi sekitar 75.000 tahun yang lalu. Namun legenda yand dipercaya masyarakat sebagai asal asuk terbentuknya danau toba adalah sebagai berikut:

Dahulu kala, Danau Toba adalah sebuah padang yang sangat gersang dan tandus. Disana tinggallah seorang pemuda yang sangat miskin dan sebatang kara. Untuk menghidupi dirinya, setiap  hari dia pergi memancing di sungai hingga suatu hari ia berhasil mendapatkan seekor ikan yang sangat gemuk dan berwarna keemasan. Semula pemuda tersebut sangat girang karena sudah membayangkan bisa makan enak nanti malam. Tetapi ternyata ikan tersebut bisa menangis dan memohon untuk dilepaskan kembali. Akhirnya karena iba, pemuda tersebut melepaskan ikan tersebut ke sungai dan pulang ke rumah.

Keesokan paginya saat bangun tidur, pemuda tersebut sangat terkejut karena melihat seorang gadis cantik yang mengaku sebagai ikan yang ia selamatkan kemarin sedang menata makanan di meja makan untuk si pemuda. Gadis tersebut berjanji untuk memasak makanan yang enak-enak untuk pemuda tersebut sebagai ucapan terima kasih. Akhirnya suatu hari pemuda tersebut melamar si gadis dan si gadis pun menerimanya dengan syarat bila suatu saat mereka mempunyai keturunan, san anak tidak boleh tahu sebenarnya ibunya adalah seekor ikan.  Hingga suatu hari mereka mempunyai seorang anak laki-laki yang sangat suka  makan. Sejak mempuyai anak tersebut tidak pernah ada makanan tersisa di rumah.

Suatu hari saat sang ayah memangcing, sang ibu menyuruh anaknya untuk mengantarkan bekal kepada ayahnya. Di perjalanan sang anak mengintip isi rantang yang ternyata berisi telur ikan, sambal, dan nasi panas. Si anak pun langsung memakan habis  isi rantang tersebut dan memberikan rantang yang telah kosong kepada ayahnya. Melihat rantang yang telah kosong, sang ayah sangat marah dan membanting rantang tersebut sambil mencaci anak tersebut dengan sebutan “anak ikan”. Sang anak berlaripulang dan mengadu ke ibunya. Mendengar cerita tersebut sang istri sangat sedih dan perlahan lahan sisik keemasan mulai menutupi tubuhnya, begitu juga dengan tubuh anaknya dan mereka berdua berubah menjadi ikan.

Saat pulang dari memancing, si ayah terkejut melihat anak dan istrinya telah berubah menjadi ikan. Dia menyadari kesalahannya dan memohon supaya anak dan istrinya berubah menjadi manusia kembali. Namun semuanya telah terlambat. Sang ayah sangat sedih dan terus menangis. Tak lama kemudian tanah tempat mereka tinggal telah berubah menjadi danau yang berwarna kebiruan dan terkenal dengan nama Danau Toba. Sang ayah yang terus menangis berubah menjadi sebuah pulau di tengah danau yang dikenal dengan Pulau Samosir.

Dongeng Legenda Asal Usul Danau Toba

edit27Pada jaman dahulu, hiduplah seorang pemuda tani yatim piatu di bagian utara pulau Sumatra. Daerah tersebut sangatlah kering. Pemuda itu hidup dari bertani dan memancing ikan. Pada suatu hari ia memancing seekor ikan yang sangat indah. Warnanya kuning keemasan. Begitu dipegangnya, ikan tersebut berubah menjadi seorang putri jelita. Putri itu adalah wanita yang dikutuk karena melanggar suatu larangan. Ia akan berubah menjadi sejenis mahluk yang pertama menyentuhnya. Oleh karena yang menyentuhnya manusia, maka ia berubah menjadi seorang putri.
Terpesona oleh kecantikannya, maka pemuda tani tersebut meminta sang putri untuk menjadi isterinya. Lamaran tersebut diterima dengan syarat bahwa pemuda itu tidak akan menceritakan asal-usulnya yang berasal dari ikan. Pemuda tani itu menyanggupi syarat tersebut. Setelah setahun, pasangan suami istri tersebut dikarunia seorang anak laki-laki. Ia mempunyai kebiasaan buruk yaitu tidak pernah kenyang. Ia makan semua makanan yang ada.

Pada suatu hari anak itu memakan semua makanan dari orang tuanya. Pemuda itu sangat jengkelnya berkata “dasar anak keturunan ikan!”. Pernyataan itu dengan sendirinya membuka rahasia dari isterinya. Dengan demikian janji mereka telah dilanggar.
Istri dan anaknya menghilang secara gaib. Ditanah bekas pijakan mereka menyemburlah mata air. Air yang mengalir dari mata air tersebut makin lama makin besar. Dan menjadi sebuah danau yang sangat luas. Danau itu kini bernama Danau Toba


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tips Sukses Kerja

Solusi Sukses Anda

The Millennial Pastor

An iPhone Pastor for a Typewriter Church

EsoterX

If Monsters Don't Exist, Why Are They Out To Get Me?

A Dash of Cinema

A LIFE FILLED WITH FOOD AND FILM: BASED ON A TRUE STORY

Open the Universe

by Callum Hackett

Blogging for a Good Book

A suggestion a day from the Williamsburg Regional Library

Critical Margins

A passion for words, on screen and on paper

d4msquared

no substitute for excellence - not even success

The Smoke-Filled Room

"In theory, theory and practice are the same. In practice, they are not." -- Albert Einstein

jeniferbrady

Christian, wife and mom, author of Abby's Camp Days, camp counselor, photographer

That's All Joy Wrote

My Life. Happy and Healthy.

Gingers, Poetry, Nonsense, Red Hair, Hope, Sausages

A Thing for Words

Writer Joseph Hesch's second-chance journey to a literary life.

PROBLEM SOLVING WINDOWS FOR PC AND LAPTOP

HORAS TU HITA DONGAN SABUTUHA, SUANG SONGONI MAHITA HALAK BATAK

%d blogger menyukai ini: